Kamis, 24 Maret 2016

1. Cara Memasang JAVA ME SDK pada NetBeans IDE

Artikel ini menunjukkan bagaimana cara memasang J2ME SDK 3.2 untuk NetBeans IDE pada sistem operasi Windows dan beberapa penjelasannya.
Bila anda belum punya NetBeans IDE, silahkan unduh terlebih dahulu di: https://netbeans.org/downloads/index.html baik rilis versi 7.4 atau 8.0 bisa digunakan.
Lalu pilih download untuk Java SE (Standard Edition) SDK. Atau juga bisa pilih "All" yang lengkap isinya. Karena NetBeans itu sendiri dibuat dengan Java, maka anda harus terlebih dahulu memasang atau memiliki Java Runtime (JRE) sesuai versi JDK yang dipilih.

Bila anda sudah punya NetBeans IDE, Unduh Java ME SDK di: http://www.oracle.com/technetwork/java/javame/javamobile/download/sdk/index.html
Untuk versi 3.2 terdapat pada:
Pilih Java ME SDK 3.2 untuk Windows, perlu diketahui ada beberapa syarat untuk keperluan sistem:
    * Kapasitas cakram keras (Harddisk) 300-350 MB
    * RAM 1 GB
    * CPU Pentium 1 GHz
    * Java SE SDK versi 1.7+
    * NetBeans versi 7.1.2+

Untuk versi yang lebih tepat/bila anda tidak punya akun oracle, JME SDK 3.2 dirancang untuk JDK 7 (atau dahulu disebut 1.7) oleh karena itu pilihlah NetBeans 7.4 agar dapat bekerja sesuai.
    * NetBeans 7.4
    * Java SE 7 + JDK 7 (7u79)
    * Java ME SDK 3.2

Jalankan setup sebagai administrator (Run as administrator) untuk Windows Vista/Windows 7, lalu pasang Java ME SDK pada folder Java, yang berdekatan dengan folder Java SE SDK dan Java Runtime (JRE) agar lebih mudah ditemukan (Misal di C:\Program Files\Java\). Secara otomatis setup akan mendeteksi Java atau Java SE SDK yang telah terpasang, lalu pilih Java SE SDK untuk JDK™ home folder. Lalu klik tombol "Next >" dan tunggu proses pemasangannya hingga selesai. Secara otomatis J2ME Emulator juga akan terpasang.



Setelah terpasang, buka NetBeans, periksa jika platform sudah terpasang, klik "Tools" pada menu bar, dan klik "Java Platforms", bila belum ada platform CLDC dan CDC, klik tombol "Add Platform...", lalu pilih "Java ME CLDC Platform Emulator" dan pilih folder Java ME platform SDK 3.2 yang terpasang tadi, lalu ulangi juga untuk memasang "Java ME CDC Platform Emulator" dengan memilih folder yang sama, dan klik hingga finish, secara otomatis akan mendeteksi platform dan mengintergrasikannya pada NetBeans IDE.
Setelah itu, klik "Tools" pada menu bar, dan klik "Plugins", buka tab "Available Plugins" (jangan lupa untuk klik "Check for newest"), cari kategori "Java ME" atau "Mobility" dan "Java ME SDK Tools", lalu pilih/centang semua plugin pada kategori tersebut untuk diunduh dan dipasang. Klik install, klik "Next", baca & centang persetujuannya lalu ikuti petunjuk selanjutnya dan menunggu hingga pemasangan selesai. Setelah berhasil, mulai ulang NetBeans anda dan hasilnya akan terlihat seperti ini pada jendela "Plugins":


Langkah yang terakhir adalah memasang paket yang diperlukan, seperti contoh/sampel aplikasi yang dapat diunduh melalui Java ME SDK Update Center, pada NetBeans yaitu Tools > Java ME > Java ME SDK Update Center
Dan anda pun siap untuk membuat aplikasi Java untuk HP.
Untuk pengaturan, dapat diakses pada: Tools > Options > Java > Java ME.

Related Posts

1. Cara Memasang JAVA ME SDK pada NetBeans IDE
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan post situs ini? Silahkan Subscribe.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
h_n
6 Oktober 2017 pukul 20.12

netbeans 8.2 apakah bisa ?

Reply