Rabu, 06 April 2016

Materi 3 Netbeans Dan Praktikum


Materi 3 Netbeans Dan Praktikum

PENDAHULUAN


NetBeans adalah merupakan IDE yang ditujukan untuk memudahkan pemrograman java. Dalam NetBeans , pemrograman dilakukan berbasis visual dan event driven. Persis seperti IDE lain, misalnya Borland Delphi dan Micrsoft Visual Studio.
Untuk membuat dialog atau user-interface, kita tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris,tetapi cukup klik pada component-pallete. Teks program akan dihasilkan secara otomatis. NetBeans mencakup compiler atau builder , dan debugger internal.  Hal ini sangat memudahkan proses paska perancangan program. Proses deployment dan atau tanpa tes dapat juga dilakukan dari dalam NetBeans.


LATIHAN 1















LATIHAN 2 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN DALAM JAVA

Dalam bahasa pemrograman Java, kita akan menggunakan pernyataan masukan dan keluaran. Pernyataan masukan adalah pernyataan untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adalah pernyataan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.


KOMPONEN KELUARAN 

Untuk menampilkan ke layar secara tekstual, java mempunyai fasilitas output, yaitu dengan perintah
- System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran berikutnya akan ditampilkan pada baris yang sama. Dan perintah
- System.out.println(hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.
- System.out.println(“Teks Keluaran”);


KOMPONEN MASUKKAN

A. Input data bertipe Integer
B. Input data bertipe String
C. Input tipe yang lain
     - nextBoolean    : input tipe boolean (true atau false saja)
     - nextShort    : input tipe short integer (32768-32767, 2bytes, 16 bits)
     - nextLong    : input tipe long integer (8 bytes, 64 bits)
     - nextFloat    : input tipe float (desimal, -3.4x108 s/d+3.4x108)
     - nextDouble    : input tipe double (desimal, -1.7x10308 s/d +1.7x10308)



OPERATOR

Operator adalah simbol khusus yang menyajikan operasi khusus pada satu, dua, atau tiga operand dan kemudian mengembalikan hasilnya. Operator-operator tersebut digunakan untuk membentuk ekspresi. Sebuah konstanta atau entitas dengan sendirinya merupakan ekspresi, demikian juga kombinasi dari konstanta dan variabel dengan operator. Suatu ekspresi yang diikuti dengan sebuah titik koma adalah sebuah pernyataan.

SIFAT OPERATOR







OPERATOR ARITMATIKA














PRAKTEK OPERATOR 1/ LATIHAN 3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRAKTEK OPERATOR 2/ LATIHAN 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRAKTEK OPERATOR 3 / LATIHAN 5 (TUGAS)

 

 

Download Materi

Related Posts

Materi 3 Netbeans Dan Praktikum
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan post situs ini? Silahkan Subscribe.